Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menghilangkan sakit telinga

cara menghilangkan sakit telinga

Sakit pada telinga bagian dalam terjadi ketika telinga tengah dan telinga bagian dalam mengalami masalah. Infeksi adalah penyebab paling umum dari kondisi kesehatan tersebut. Infeksi paling sering disebabkan oleh virus, tapi juga bisa disebabkan oleh bakteri. Pengobatan sakit telinga bagian dalam tergantung penyebabnya. Pilihan cara mengatasinya bisa dengan memberikan obat-obatan dan perawatan rumah.”

, Jakarta – Sakit pada telinga bagian dalam merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada anak-anak. Penyebabnya biasanya adalah karena infeksi, tetapi peradangan atau iritasi pada bagian telinga yang bertanggung jawab untuk keseimbangan dan pendengaran juga bisa menimbulkan rasa sakit.

Cara

Ketika telinga bagian dalam anak meradang atau teriritasi, ia bisa mengalami gejala, seperti pusing, kehilangan keseimbangan, telinga berdenging (tinnitus), mual, dan muntah. Oleh karena itu, masalah kesehatan ini sebaiknya jangan dibiarkan saja. Cari tahu cara mengatasi sakit pada telinga bagian dalam di sini.

Cek Fakta:(hoax) Meletakkan Bawang Putih Di Telinga Sembuhkan Sakit Kepala Dan Sakit Telinga?

Infeksi telinga adalah penyebab paling umum dari sakit pada bagian telinga dalam. Infeksi bisa terjadi di bagian telinga mana saja, termasuk di telinga tengah dan telinga bagian dalam. Penyebab infeksi di telinga tengah biasanya adalah bakteri atau virus yang sering diakibatkan oleh penyakit lain, seperti pilek, flu, atau alergi. Selain sakit telinga, gejala lain yang bisa terjadi, antara lain demam dan keluarnya cairan dari saluran telinga.

Infeksi telinga bagian dalam atau otitis interna juga bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian telinga dalam. Penyebabnya yang paling umum adalah infeksi virus, seperti virus influenza, virus herpes, virus Epstein-Barr, dan polio. Pada kasus yang jarang, infeksi telinga bagian dalam juga bisa disebabkan oleh bakteri. Sedikit berbeda dari otitis media, infeksi telinga bagian dalam menyebabkan gejala, seperti pusing atau sensasi berputar (vertigo), mual dan muntah, masalah dengan keseimbangan atau berjalan, gangguan pendengaran di satu telinga, demam, dan telinga berdenging.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah sakit pada bagian telinga dalam yang dialami anak adalah karena infeksi bagian telinga tengah atau dalam adalah dengan menemui dokter. Kamu dianjurkan untuk membawa anak berobat ke dokter bila ia mengalami gejala infeksi telinga, seperti sakit telinga, mual, muntah, pusing, dan telinga berdenging. Dokter bisa melihat kondisi dalam telinga Si Kecil dengan menggunakan alat bernama otoskop dan memastikan diagnosis.

Tips Memilih Obat Tetes Telinga Yang Cocok

Pada beberapa kasus, infeksi telinga bisa sembuh dengan sendirinya tanpa diobati. Jadi, bila anak mengalami sakit pada bagian dalam, cobalah tunggu selama satu minggu. Bila kondisinya belum membaik juga setelah satu minggu atau gejalanya makin parah, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pengobatan untuk sakit pada bagian telinga dalam tergantung pada penyebabnya. Dokter mungkin akan meresepkan obat steroid untuk mengatasi peradangan dan obat antibiotik atau antiviral untuk mengatasi infeksi.

Untuk mengatasi rasa sakit. Namun ingat, jangan berikan aspirin pada anak-anak dan remaja, karena obat itu bisa menyebabkan kondisi serius, yaitu sindrom Reye.

Infeksi Telinga: Gejala, Penyebab, Pengobatan

Referensi: Medicine Net. Diakses pada 2021. Inner Ear Infection Symptoms, Signs, Treatments, and Home Remedies Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Ear infection (middle ear) Healthline. Diakses pada 2021. What You Need to Know About EarachesJika kamu penasaran, apa saja obat alami sakit telinga yang bisa digunakan, pada kesempatan kali ini, akan memberikan beberapa daftarnya yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Namun, selain itu sakit telinga juga bisa disebabkan oleh infeksi sinus. Di mana, hal itu dapat mengakibatkan cairan telinga terperangkap di bagian belakang telinga.

Sakit telinga pada dasarnya bisa terjadi di kedua bagian telinga. Hanya saja, sakit tersebut umumnya menyerang salah satu bagian telinga, baik itu bagian kiri atau kanan.

Penyebab Sakit Telinga Dan Cara Mengobatinya, Wajib Tahu!

Rasa sakit telinga sendiri, bisa terasa terus-menerus maupun hilang timbul. Menariknya, intensitas sakitnya pun bervariasi, ada yang ringan, tajam, hingga terasa perih atau panas.

Tetapi, apabila hal itu tidak berlangsung baik, maka kamu perlu menggunakan obat-obatan medis, bahkan melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter terkait, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Apalagi, jika sakit telinga sudah disertai dengan demam dan kehilangan pendengaran. Maka hal itu harus segera ditangani oleh profesional, yaitu dokter THT.

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa faktor penyebab sakit telinga, maka kali ini kamu akan mengetahui apa saja obat alami sakit telinga yang bisa digunakan.

Dari sekian banyak obat alami sakit telinga yang ada, di bawah ini telah merangkum 10 di antaranya yang dikenal ampuh dan efektif mengatasi sakit telinga.

Cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah, cukup dengan memasukkan air hangat ke dalam botol plastik, lalu letakkan botol tersebut ke atas telinga yang sakit selama 10 menit.

Obat Sakit Telinga Tradisional, Ini Daftar Pilihannya!

Selain menggunakan cara itu, kamu juga bisa membungkus beberapa bongkah es batu dengan handuk, lalu tempel di area bawah telinga selama kurang lebih 20 menit.

Obat alami sakit telinga berikutnya yang bisa gunakan, yaitu jahe. Salah satu bumbu dapur ini, diketahui mampu meredakan rasa sakit dan nyeri pada telinga.

Cara

Hal tersebut karena, jahe memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, yang mampu menghancurkan bakteri serta kuman pemicu sakit telinga, yang bersarang di dalam telinga.

Cara Mengobati Sakit Telinga Sesuai Penyebabnya

Maka dari itu, jahe kerap kali dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sakit telinga. Cara yang perlu dilakukan pun sangat mudah, cukup dengan satu jari jahe yang diparut halus, lalu mencampurkannya dengan dua sendok makan minyak zaitun.

Pun mengatakan, kalau menaruh beberapa tetes minyak zaitun hangat di telinga yang sakit, dapat mengurangi rasa sakit yang ada akibat luka atau infeksi, karena memiliki efek antiinflamasi.

Cara mengolah bawang putih sebagai obat alami sakit telinga, yaitu dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih, lalu mengoleskannya ke permukaan telinga yang sakit.

Penyebab Sakit Telinga Berdenyut Dan Cara Mengatasinya

Tingginya senyawa flavonoid dan alkenyl sistein sulfoksida yang terkandung dalam bawang bombay, ternyata mampu membunuh bakteri dan kuman pemicu sakit telinga, yang bersarang di dalam telinga.

Kemudian, panaskan ekstraknya dengan api kecil. Jika sudah, diamkan sejenak hingga suhu bawang bombay berubah menjadi hangat kuku, lalu teteskan ke bagian telinga yang sakit.

Sebagai contoh, kamu merasakan sakit telinga di bagian belakang, maka bagian tubuh yang perlu kamu pijat untuk mengurangi rasa sakit telinga, yaitu bagian otot rahang dan leher.

Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Telinga Sakit Ketika Flu, Apa Saja?

Pijatan yang dilakukan di bagian depan telinga, ditujukan untuk mengalirkan cairan berlebih dari telinga, yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit telinga hebat.

Salah satu penyebab timbulnya sakit telinga, yaitu adanya tekanan di lubang atau saluran telinga. Hal itu tentu membuat telinga dan pendengaran menjadi tidak nyaman.

Obat

Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan peregangan leher. Caranya, yaitu duduk tegak dengan kedua kaki menyentuh tanah, kemudian putar leher secara perlahan dari kanan ke kiri dan sebaliknya.

Cara Mengobati Telinga Mengeluarkan Cairan Kuning Dan Berbau

Setelah itu, angkat bahu tinggi-tinggi seperti kamu akan menutup telinga dengan bahu. Lakukan cara ini secara rutin setiap bangun tidur dan ketika telinga sakit, agar sakit telinga cepat sembuh dan balik seperti semula.

Untuk itu, mengatur posisi saat tidur sangat penting. Kamu bisa meletakkan kepala di atas dua bantal yang ditumpuk ketika telinga sedang sakit, agar posisi telinga lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa tidur dengan posisi miring. Misalnya telinga kamu yang sakit adalah telinga sebelah kiri, maka kamu bisa tidur dengan posisi miring ke kanan.

Cara Mengatasi Telinga Gatal Secara Cepat Dan Ampuh, Ketahui Juga Penyebabnya

Mungkin biaya yang dibutuhkan untuk konsultasi ke dokter dan mendapat pengobatan khusus cukup besar, namun itu bukan suatu kendala apabila kamu memiliki asuransi kesehatan.Ada beragam cara mengobati sakit telinga yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Meski umumnya sakit telinga membutuhkan penanganan oleh dokter, tetapi beberapa cara sederhana berikut bisa Anda lakukan sebagai penanganan awal untuk mengurangi gejala yang muncul.

Sakit telinga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi, perubahan tekanan udara saat di ketinggian, cedera, hingga penyakit tertentu. Keluhan ini biasanya juga disertai gejala lain, seperti demam, gangguan pendengaran, dan keluarnya cairan dari telinga.

Kompres hangat atau dingin sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit, termasuk di bagian telinga. Anda hanya perlu menempelkan kompres dingin atau hangat selama 10–15 menit di telinga yang sakit.

Jangan Sembarangan, Ini Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

Untuk menggunakan kompres dingin, Anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus handuk kecil. Sementara untuk kompres hangat, Anda bisa menggunakan handuk kecil yang telah direndam di dalam air hangat.

Sakit telinga juga bisa disebabkan oleh tekanan di dalam saluran telinga. Untuk meredakannya, Anda dapat melakukan latihan leher. Berikut ini adalah beberapa tahap latihan leher yang dapat Anda lakukan:

-

Anda hanya perlu mengoleskan jahe yang sudah digeprek atau dihaluskan ke sekitar telinga bagian luar. Namun, pastikan Anda tidak mengoleskan jahe ke dalam saluran telinga.

Penyebab Dan Komplikasi Sakit Telinga

Saat bepergian dengan pesawat, perubahan tekanan udara di ketinggian biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sakit pada telinga. Untuk meredakannya, Anda bisa mengunyah permen karet. Gerakan mengunyah permen karet dipercaya dapat mengurangi tekanan di dalam telinga.

Saat sakit telinga, sebaiknya hindari memberikan tekanan di bagian telinga yang sakit agar tidak bertambah parah. Salah satu caranya adalah tidur dengan posisi telentang. Selain itu, tidur dengan bantal tambahan juga dapat meredakan rasa sakit yang terjadi di dalam telinga.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat mengonsumsi obat sakit telinga berupa pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol juga dapat menghilangkan rasa sakit di telinga. Pengobatan ini dapat pula meredakan demam yang kerap menyertai sakit telinga.

Cara Untuk Mengobati Sakit Telinga Secara Alami

Bila cara mengobati sakit telinga di atas sudah dilakukan, tetapi keluhan tak kunjung membaik atau justru kian memburuk dan disertai gejala lain, seperti demam lebih dari 2 hari, kualitas pendengaran menurun, serta keluar cairan dari telinga, segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.Baca Juga: Terdengar Suara-suara Aneh dari Loteng Setiap Malam, Setelah di Telusuri Wanita Ini Temukan Kebenaran yang Bikin Merinding Tersembunyi Selama 12 Tahun

Penyebab lain dari jenis nyeri ini adalah kotoran telinga berlebih, masalah gigi, infeksi pada sinus atau tenggorokan, cedera karena perubahan tekanan, dan gigi yang bergemeretak.

Baca Juga: Istri 'Minggat' Sebulan Lebih Karena Kenal Pria Lain, Suami Temukan Benda Aneh Berbau Klenik di Tumpukan Baju

Cara Mengatasi Telinga Berdenging Secara Alami Dan Pakai Obat

Post a Comment for "cara menghilangkan sakit telinga"