Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara buat fb ads

cara buat fb ads

Anda disini: M Jurnal » Facebook » Cara Membuat FB Ads Terlengkap, Benar dan Tepat Sasaran Cara Membuat FB Ads Terlengkap, Benar dan Tepat Sasaran

Setelah kita mengetahui 6 Alasan Penting Beriklan di Facebook, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat FB Ads untuk mengembangkan bisnis.

-

Mengingat kesuksesan sebuah bisnis bisa diukur dari seberapa efektif dan efisien proses pemasarannya. Jika pemasaran dilakukan dengan benar dan tepat sasaran, maka bisa dikatakan bisnis tersebut sukses mencapai tujuannya.

Tutorial Lengkap Cara Pembayaran Facebook Ads

Tidak sedikit juga kawan-kawan M Jurnal yang gagal beriklan di facebook karena salah melakukan setting kampanye. Nah, dari pada mencari tutorial cara membuat FB Ads sana sini, kali ini saya akan jelaskan point demi point sedetail mungkin.

1 Catatan Penting, sebelum bisa membuat iklan di facebook, kawan-kawan harus memiliki Fans Page dan Akun Pengelola Bisnis Facebook. Jika belum punya, silahkan baca artikel Cara Membuat Fans Page dan Akun Pengelola Bisnis untuk FB Ads.

Supaya tutorial ini mudah di pahami, saya berikan contoh kasus cara membuat FB Ads yang benar. Kurang lebih saya punya data berikut:

Tutorial Cara Beriklan Di Facebook Ads Lengkap Dari A Z

Pertama-tama silahkan buka halaman Pengelola Iklan Facebook. Namun pastikan kawan-kawan sudah masuk menggunakan akun facebook, memiliki Fans Page Facebook dan Akun Pengelola Bisnis Facebook.

Secara default, facebook akan memberikan pilihan membuat iklan menggunakan Pembuatan Iklan Terpadu atau Pembuatan Iklan Cepat. Saya sarankan, kawan-kawan pilih metode Pembuatan Iklan Terpadu. Tujuannya agar kita bisa membuat iklan lebih detail dan tertarget penuh. Lalu klik buat iklan seperti gambar berikut:

*PENTING: Sebelum kita lanjut, ada baiknya kawan-kawan harus paham terlebih dahulu seperti apa Struktur FB Ads. Karena dalam membuat FB Ads, ada 3 struktur utama yaitu Kampanye >> Set Iklan >> Iklan. Silahkan baca artikel saya tentang “Fb Ads ? Kenali Struktur Iklan Terlebih dahulu”

Tutorial Cara Buat 'like Marketing' Untuk Fanpage Anda

Bagian tujuan ini penting, jangan sampai kawan-kawan salah memilih tujuan sehingga hasilnya tidak sesuai harapan. Ada 3 Pilihan Tujuan Kampanye Iklan di Facebook yang masing-masing ada tujuan spesifik.

Masing-masing tujuan iklan memiliki pengaturan yang berbeda-beda agar mendapatkan hasil yang optimal. Sesuai contoh kasus, saya menggunakan tujuan Lalu Lintas Kunjungan / Traffic. Sesuaikan dengan tujuan iklan kawan-kawan.

Buatlah nama kampanye yang mudah di mengerti dan upayakan berbeda dengan nama kampanye lainnya. Tujuannya agar memudahkan kita mengidentifikasi kampanye iklan jika kita memiliki banyak kampanye iklan. Pada case ini, saya berikan nama Kampanye “Trafik Website“.

Cara Membuat Halaman Facebook Untuk Beriklan Facebook Ads

Hanya aktifkan bagian ini jika iklan kawan-kawan merupakan kredit, perekrutan karyawan, perumahan, isu sosial, pemilu atau politik. Selain dari itu, jangan aktifkan bagian ini.

Pada tahap 3. Pilih Tujuan, kita udah menentukan tujuan iklan yaitu “Lalu Lintas Kunjungan / Traffic. Di bagian ini, kita bisa atur lebih detail tujuan iklan Memberikan Batasan Biaya Untuk Iklan Facebook. Gunakan cara ini jika kawan-kawan ingin membatasi biaya dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit.

Uji A/B tujuannya membuat perbandingan strategi iklan mana yang lebih baik mencapai tujuan kita beriklan di Facebook. Uji A/B ini mewajibkan kita membuat 2 iklan dengan konten yang berbeda namun tujuan yang sama.

Tips Membuat Konten Untuk Facebook Ads

Fitur ini akan membagi target audiens menjadi 2. Sehingga mereka akan melihat ke dua iklan kita dengan konten yang berbeda. Jadi kita bisa membandingkan konten iklan mana yang lebih menarik pengunjung.

Lebih baik gunakan cara ini jika kawan-kawan udah betul-betul paham membuat FB Ads. Karena jenis fitur ini membutuhkan biaya iklan 2x lebih banyak. Jika tidak menggunakan Uji A/B, maka gunakan optimalkan Biaya Kampanye di bawah.

Tujuannya untuk membagi anggaran yang kita sediakan ke dalam semua set iklan yang ada. Kawan-kawan juga bisa mengatur anggaran maksimal setiap harinya jika diperlukan. Sesuai case, anggaran harian adalah Rp 20.000, -

Bikin Iklan Di Facebook Ads Manager Untuk Promosi Bisnis Yang Lebih Efektif

Kawan-kawan bebas menentukan anggaran kampanye apakah menggunakan anggaran harian atau anggaran sepanjang masa promosi. Perlu di ketahui, Facebook hanya akan menagih biaya sesuai dengan anggaran yang telah kita tentukan.

Anggaran kita akan digunakan sesuai dengan jenis iklannya dan biayanya pun beda-beda untuk masing-masing industri maupun persaingan bid. Setidaknya ada 6 metode penggunaan anggaran yang ada di FB Ads:

Cara

Karena dalam 1 kampanye bisa memiliki 2 set iklan atau lebih, maka untuk mempermudah mengidentifikasi performa iklan, maka berikan nama yang berbeda dengan set iklan lainnya. Dalam contoh ini saya berikan nama Jawa 18-25 P/W. Artinya:

Langkah Mudah Beriklan Di Facebook Ads Dari Hp

Tujuan trafik maksudnya adalah kemana pengguna akan di arahkan setelah klik iklan kita. Apakah ke Situs Web, Aplikasi, Messenger atau WhatsApp. Di contoh ini, saya memilih situs Web Orang Rumah Indonesia.

Contohnya kita bisa membuat Teks Promosi, Keterangan, Judul dll masing-masing sampai 5 jenis. Lalu FB akan membuat kombinasi terbaik yang kemungkinan besar menarik perhatian pengguna.

Kita akan bahas sesuai urutan saja ya. Cara setting materi iklan dinamis FB Ads bisa dilihat pada bagian Membuat Materi Iklan di bawah. Saya memilih aktifkan fitur ini.

Why My Facebook Ads Are Not Delivering: How To Fix It

Buatlah schedule penayangan iklan kita. Kawan-kawan bisa memilih untuk memberikan “tanggal berakhir” iklan di tayangkan atau tidak. Saya sarankan berikan tanggal berakhir.

Kenapa ? karena akan berhubungan dengan metode pembayaran iklan. Jika tanggal berakhir di tentukan, kawan-kawan bisa memilih metode pembayaran iklan menggunakan Transfer Bank Domestik, bukan menggunakan kartu kredit.

*Penting : Buatlah tanggal mulai iklan di tayangkan pada 1 minggu setelah iklan kita dibuat. Karena setelah buat iklan, Facebook akan meninjau iklan kita sebelum di tayangkan. Prosesnya memakan beberapa hari juga.

Ingin Membuat Facebook Ads? Ikuti Cara Lengkap Ini

Yaa betul, tapii.. anggaran kampanye itu untuk menentukan anggaran total dalam 1 kampanye. Dalam 1 kampanye, bisa terdapat 2 atau lebih set iklan. Contoh ini saya buat anggaran harian kampanye Rp 20.000. Artinya, jika kita memiliki 2 set iklan, maka setiap hari biaya iklan kita hanya Rp 20.000, - yang di bagi 2 untuk semua set iklan kita.

Lalu Atur Anggaran Pada Set Iklan ini untuk apa ? tujuannya membatasi biaya iklan untuk set iklan ini saja. Misalnya, kita ingin membatasi anggaran harian Set Iklan Jawa 18-25 P/W ini maksimal sebesar Rp 7.000, -, maka total anggaran untuk set iklan yang ke 2 sebesar Rp 13.000, -.

Cara

Kita bisa menarketkan audiens berdasarkan kriteria tertentu. Ada 6 kategori filter penting untuk menarget calon konsumen terperinci di Facebook Ads. Kawan-kawan bisa memilih untuk menggunakan beberapa filter atau semuanya. Mari kita bahas satu persatu.

Cara Membuat Facebook Ads Untuk Bisnismu

Secara online maksudnya adalah orang yang pernah mengunjungi website kita (menggunakan Pixel Facebook) atau Fans Page facebook, meskipun tersebut hanya sekedar like ataupun melihat postingan kita.

Menggunakan fitur ini membutuhkan pengetahuan lebih dalam mengenai FB Ads. Jadi untuk tahap ini Saya lewatkan saja. Kita Fokus ke tahap awal terlebih dahulu.

Kenapa Saya memilih Provinsi di Pulau Jawa ? Kenapa ga langsung aja Pulau Jawa gitu. Karena kalau pilih per Provinsi, laporan hasil iklan akan lebih mudah di analisa.

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Nanti akan ada laporan berapa orang yang klik iklan kita dari Provinsi Jawa Barat, dari Jawa Tengah dll. Jadi kita tahu pengguna dari Provinsi mana di (Pulau Jawa) yang tertarik dengan produk kita.

Pikirkan baik-baik, produk / jasa kawan-kawan lebih cocok untuk orang di usia berapa dan jenis kelamin apa ? Jangan sampai salah menentukan target. Ini sangat penting. Target saya adalah pengguna Facebook pria dan wanita yang berusia antara 18 tahun – 25 tahun.

Filter ini berguna untuk menyaring target audiens yang lebih detail. Bahkan bisa sampai pada filter minat maupun tingkah laku pengguna dalam menggunakan facebook. Perhatikan gambar di bawah, fokus pada bagian penargetan terperinci.

Langkah Fb Ads Newbie Patut Tahu

Saya mengincar pengguna Facebook yang memiliki minat terhadap “Belanja Online”, “Kaos”, dan “Shopee”. Selanjutnya, target audiens saya perkecil lagi dengan filter audiens yang suka berinteraksi (berdasarkan perilaku), yaitu “pelanggan yang berinteraksi”.

Jadi iklan Facebook akan menampilkan iklan ke pengguna yang memiliki minat terhadap Belanja Online, Kaos, dan Shopee serta pengguna yang cenderung berinteraksi terhadap iklan belanja online.

How

Lalu Perluas Penargetan Terperinci. Hal ini dilakukan, “Jika Seandainya Target Terperinci yang telah kita tentukan tidak begitu optimal. Kawan-kawan bebas mengaktifkan fitur ini atau tidak. Jika hanya ingin fokus dengan target terperinci yang telah di tentukan, jangan centang fitur ini.

Facebook Ads Manager: Pengertian Dan Fitur Fitur Pentingnya Untuk Bisnis

Karena menurut saya, Kita sudah menarget orang yang tinggal di Pulau Jawa saja. Bukan orang yang sekedar singgah. Lalu, rata-rata setelan bahasa perangkat pengguna Facebook antara Bahasa Indonesia atau English. Target ini tidak akan meleset.

Maksud dari koneksi audiens ini adalah pilihan apakah kita ingin menampilkan iklan ke pengguna facebook ataupun temannya yang sudah pernah minimal berinteraksi dengan Fans Page, Aplikasi, Acara Facebook kita, ataupun kombinasi dari ketiganya.

Contohnya, kawan-kawan mau iklankan Fans Page untuk meningkatkan Like Fans Page, maka pilih Sertakan teman dari orang yang menyukai halaman kita. atau Jangan sertakan orang yang telah menyukai halaman kita.

Cara Membuat Video Facebook Ads Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Tapi kalau kawan-kawan ingin fokus beriklan di Facebook dan Instagram saja, serta hanya menampilkan pada perangkat seluler, maka pilih penempatan manual, lalu atur penempatan iklan sendiri. Seperti gambar berikut:

Oh ya, sepanjang kita setting Set Iklan, di sisi sebelah kanan tersedia estimasi jangkauan iklan. Jadi setidaknya kita punya gambaran berapa orang yang dapat di jangkau dari set iklan ini.

Maksud optimasi dan pengiriman iklan adalah menentukan cara facebook untuk mengirim iklan kita ke audiens mana saja setelah filter dari Tentukan Target Audience di atas tadi. Untuk kampanye ini, tersedia 4 pilihan optimasi dan pengiriman iklan:

Cara Membuat Iklan Bersponsor Di Facebook Gratis

1. Penayangan Halaman Tujuan, artinya Iklan akan di tayangkan kepada pengguna Facebook yang kemungkinan besar akan mengklik tautan iklan lalu mengunjungi website / Instant Experience kita.

2. Klik Tautan, artinya iklan akan di tayangkan kepada pengguna facebook yang kemungkinan besar akan meng-kliknya. (Biasanya CPC untuk Klik Tautan lebih murah daripada Penayangan Halaman Tujuan)

Cara

Lalu saya pilih yang mana ? karena tujuan saya adalah mengajak pengguna Facebook untuk mengunjungi Website toko Online saya, maka saya pilih Klik Tautan. Disamping CPC nya lebih murah daripada Penayangan Halaman Tujuan, Klik Tautan juga lebih tertarget di bandingkan Impresi dan Jangkauan

Facebook Ads Scam Hits Many Maybank Customers!

Post a Comment for "cara buat fb ads"